Tips Mencegah Mabuk dalam Perjalanan

Mabuk perjalanan
Anda pernah merasakan mabuk dalam perjalanan? Atau teman Anda? Keluarga?. Mabuk perjalanan laut ataupun darat dalam bahasa kedokteran disebut motion sickness. Gejala ini timbul akibat goncangan goncangan yang dialami selama perjalanan. Goncangan ini akan merangsang pusat keseimbangan di telinga tengah sehingga menyebabkan gejala gejala mabuk laut/udara.

Bagi mereka yang sering mengalami mabuk laut/darat, berikut tips yang bisa dilakukan guna mengurangi keluhan yang anda alami :
  1. Saat menumpang kendaraan, usahakan pandangan anda seluas mungkin atau dengan kata lain, pandangan anda dapat mengikuti pergerakan kendaraan. Saat di mobil, anda dapat duduk di bangku depan sehingga dapat memandang dengan lebih luas. Saat menumpang kapal laut, naiklah ke atas deck dan pandang pergerakan horison. Jika di pesawat terbang, duduklah di dekat jendela lalu pandang keluar dan ambilah posisi duduk yang dekat dengan sayap yang mana pergerakan pesawat minimal pada daerah itu.
  2. Jangan membaca saat bepergian dan jangan duduk menghadap ke belakang terutama bagi anda yang sering mabuk laut/darat.
  3. Jangan melihat atau berbicara dengan penumpang yang sedang mabuk.
  4. Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan merangsang pencernaan sebelum dan selama perjalanan..
  5. Minumlah obat pencegah mabuk laut/darat sebelum anda berpergian.
  6. Hubungi dokter anda jika masalah mabuk ini sudah sangat menganggu anda.
Semoga perjalanan Anda menyenangkan.

sumber: blogdokter