Cara mengobati bibir pecah-pecah

Cewek cantik
Bibir pecah-pecah siapapun pasti pernah mengalaminya. Entah karena merokok, berlama di ruang ber-Ac atau karena cuaca yang suka berubah-ubah.

Di bawah ini ada 7 alternatif untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Anda bisa mencoba salah satunya di rumah.

1. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah, akibatnya bibir jadi kasar dan ada kulit yang mengelupas. Ah, selain rasanya pedih, Anda juga jadi kurang percaya diri saat berhadapan dengan orang lain.

Untuk itu, pastikan asupan air mineral selalu cukup setiap harinya. 1-2 liter air mineral wajib Anda konsumsi setiap hari.

2. Sangatlah penting mencukupi nutrisi dan vitamin A serta E dalam program diet Anda. Konsumsi menu sayuran hijau, gandum, tomat, wortel, jeruk, apel, dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dan E yang dibutuhkan kulit.

3. Oleskan minyak kelapa pada bibir sebelum tidur secara teratur.

4. Parut mentimun, kemudian maskerkan pada bibir. Bibir akan cenderung lebih lembut dan tidak kasar, serta rasanya dingin dan nyaman.

5. Olesi bibir dengan madu, terutama di bagian yang pecah-pecah.

6. Aloe vera sangat populer sebagai bahan untuk mengatasi problem kulit. Namun, karena mengandung getah yang rasanya pahit, Anda bisa membeli produk pelembab bibir yang mengandung aloe vera.

7. Gunakan lip balm yang mengandung susu sebelum tidur. Biarkan hingga keesokan harinya.

Selain 7 tips di atas, sangatlah penting untuk TIDAK:

1. Mengelupas kulit bibir yang pecah-pecah. Karena bisa menimbulkan peradangan dan bahkan pendarahan.

2. Mengonsumsi makanan yang pedas atau menyebabkan panas, seperti durian, nangka, mangga, dan lain sebagainya, karena akan menyebabkan sariawan dan bibir semakin pecah-pecah.