Makanan-makanan yang dibutuhkan rambut agar sehat tebal berkilau

Rambut sehat
Rambut merupakan bagian penting dalam raga manusia. Terutama bagi seorang wanita yang mendambakan kecantikan. Karena rambut merupakan mahkota baginya.

Jangan salah dalam memperlakukan rambut, bisa-bisa nanti rusak. Jika sudah rusak akan sulit untuk membuatnya kembali terlihat indah.

Merawat rambut tidak hanya dari luar, namun nutrisi dari dalam juga amat diperlukan. Nutrisi-nutrisi tersebut diperoleh dari makanan yang baik untuk kesehatan rambut. Seperti dikutip dari Self, inilah asupan makanan yang baik untuk rambut.

Melembutkan rambut

Radikal bebas dari sinar matahari, polusi udara, bahkan penggunaan blow dryer dapat menyebabkan rambut menjadi kasar dan kering. Pertahanan terbaik terhadap serangan tersebut adalah antioksidan polifenol yang dapat ditemukan di dalam buah-buahan.

Dr Whitney Bowe, dermatolog di New York City, menyarankan untuk rutin mengonsumsi blackberi, blueberi, ceri atau delima untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut Anda tak kunjung juga menjadi panjang? Bisa jadi, ini merupakan kondisi di mana tingkat vitamin C dalam tubuh masih rendah. Stroberi, jeruk, lemon atau kiwi bisa membantu.

"Tubuh menggunakan vitamin C untuk membantu memproduksi kolagen yang merupakan nutrisi utama untuk sel-sel rambut," jelas Dr Whitney Bowe, dermatolog di New York City.

Mengurangi kerusakan rambut

Dr Bowe menjelaskan bahwa asupan biotin (vitamin B7) bisa membantu menguatkan rambut yang rapuh. Para dokter yakin bahwa rambut perempuan yang rendah kandungan biotin cenderung kering dan rusak.

Konsumsilah makanan kaya biotin, seperti telur (13-25 mcg), alpukat (2-6 mcg) dan 3 ons salmon (4-5 mcg) agar rambut tetap sehat.

Mempertebal rambut

Supaya rambut tetap 'aktif' tumbuh, maka diperlukan protein untuk membentuk rambut baru, zat besi untuk membantu arteri membawa oksigen ke folikel dan seng untuk membantu enzim membangun dan memperbaiki rambut.

Rajin mengonsumsi daging merah tanpa lemak, daging kalkun, tiram dan kacang merah semakin mendekatkan impian Anda memiliki rambut tebal.

Mengilaukan rambut

Asam lemak omega-3 tak hanya membantu menjaga jantung tetap sehat tetapi pula dapat membuat rambut bersinar. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi salmon, sarden, minyak biji rami dan kenari.

"Makanan-makanan ini dapat membantu mengatur produksi minyak, sehingga melembabkan kulit kepala yang akhirnya bisa membuat rambut tampak berkilau," jelas Dr Bowe.

Nah, bagaimana dengan bahasan kali ini, teman? semoga bermanfaat bagi kamu semua.

Jangan lewatkan kabar lainnya:

Follow akun twitter kami: